Pep GuardiolaLiputan6.com, Barcelona: Dalam konferensi persnya yang digelar di Camp Nou, Jumat (27/4) siang waktu setempat, Presiden Barcelona, Sandro Rosell memberi konfirmasi jika pelatih Pep Guardiola tidak akan menandatangani kontrak barunya dan akan meninggalkan Camp Nou di akhir musim. Dalam kesempatan itu Rosell mengucapkan terima kasih yang tak terhingga bagi Guardiola yang selama empat musim mengantarkan 13 gelar bagi Los Blaugrana. Setelah memberikan pernyataan pembuka dalam konferensi pers, Rosell kemudian mempersilakan Guardiola untuk menjelaskan keputusannya itu.“Saya ingin Anda semua memahami bahwasanya keputusan ini (hengkang) bukanlah keputusan yang mudah untuk dilakukan. Saya akan mencoba menjelaskan apa yang saya rasakan. Saya berharap publik bisa mengerti. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dengan kondisi yang membingungkan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir,” ujar Guardiola.Lebih lanjut, Guardiola mengakui jika pilihannya meneken kontrak berjalan selama 12 bulan tak lepas dari begitu besarnya tekanan dalam menangani klub sekaliber Barcelona. “Saya selalu menginginkan kontrak pendek. Sebab, tuntutan di Barca terlalu besar. Saya tinggal di sini sebagai pemain dan saya tahu bagaimana tekanan itu berjalan. Saya selalu berpikir empat tahun adalah “keabadian” bersama klub. Saya tidak ingin mempunyai kontrak yang akan membuat saya buta dengan membuat keputusan yang sejatinya tidak saya inginkan.”“Pada musim gugur lalu saya katakan kepada Direktur Sepakbola (Andoni Zubizaretta yang duduk di samping Rosell), bahwa musim ini menjadi era terakhir saya bersama Barca. Hal yang sama saya katakan kepada Presiden sekitar September atau Oktober. Tapi, saat itu saya tidak bisa mengatakannya kepada para pemain. Sebab, jika itu terjadi, terlalu kompleks. Karena kini kita (Barca) tersingkir dari dua kompetisi (La Liga dan Liga Champions), maka saya pikir inilah waktu yang pas untuk mengatakan yang sesungguhnya,” tandas Guardiola.&rdquo

source:http://berita.plasa.msn.com