MEROKOK dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Kalimat yang tertera dalam setiap bungkus rokok itu tentu bukan sekedar slogan.

Ini salah satunya! Sebuah penelitian dari University of Wisconsin-Milwaukee menemukan, ibu hamil yang merokok dapat menyebabkan janin terancam mengalami autism.

“Telah lama diketahui bahwa autisme ialah istilah umum dari berbagai gangguan kesehatan yang berpengaruh terhadap kemampuan sosial dan komunikasi,” ungkap professor Amy Kalkbrenner, pimpinan tim peneliti, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (27/4).

Kalkbrenner menambahkan, salah satu bagian dari autisme yang menjadi resiko dari rokok ialah Asperger’s syndrome. Kalkbrenner dan timnya meneliti ratusan ribu anak dari 11 negara bagian di AS yang didiagnosa autisme.

Mereka menemukan 13% para ibu dari anak-anak yang mengidap autisme mengaku hobi merokok di masa kehamilan.

“Hasil riset ini memang tidak menyebutkan bahwa merokok merupakan faktor utama dari autisme. Namun jelas menunjukkan bahwa ada kaitan antara bahaya merokok dengan autisme,” ujar Kalkbrenner.

Ibu hamil yang merokok akan menghisap oksigen bercampur racun-racun dalam tembakau. Oksigen yang telah terkontaminasi kemudian meresap masuk ke dalam ari-ari bayi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan perkembangan bayi.

Selain menyebabkan resiko autisme, merokok juga dapat menimbulkan resiko keguguran atau bayi lahir premature. Bayi yang lahir dari ibu perokok juga memiliki resiko tinggi mengalami asma dan infeksi telinga.

source:http://gayahidup.plasa.msn.com