Indonesia Tidak Tersisa di Swiss

Indonesia tidak mempunyai wakil di perempatfinal Swiss Terbuka Super Series menyusul tersisihnya dua pemain tunggal yang tersisa pada babak 16 besar.

begitu pula salah satu unggulan keempat Taufik Hidayat kalah dari pemain Jepang Kazushi Yamada 15-21, 12-21 dalam pertandingan yang digelar di St. Jakobshalle, Basel, Jumat dinihari WIB.

Taufik yang biasanya unggul di depan net hanya menghasilkan lima poin dari permainan netnya dibanding lawannya yang memperoleh sebelas angka.

Juara Olimpiade Athena 2004 itu juga hanya mengimbangi lawannya pada awal game pertama dan kedua sebelum tertinggal hingga pertandingan berakhir.

Sebelumnya, pemain tunggal lainnya Dionysius Hayom Rumbaka hanya mampu memaksa unggulan delapan Chen Long asal China bermain tiga game sebelum akhirnya menyerah 12-21, 21-17, 15-21 dalam waktu satu jam.

Terhentinya langkah dua pemain tersebut membuat Indonesia tidak punya wakil lagi pada babak selanjutnya setelah tiga wakil lainnya sudah tersingkir lebih dulu dari turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu.

Pemain tunggal putri Maria Febe Kusumastuti serta dua ganda yakni unggulan ketiga Markis Kido/Hendra Setiawan serta unggulan kelima Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan langsung terhenti pada putaran pertama, Rabu.

Sementara itu, China kehilangan dua unggulan pertamanya sekaligus juara bertahan dalam turnamen tersebut setelah Wang Yihan dan ganda campuran Zheng Bo/Ma Jin tersingkir pada babak 16 besar.

Tunggal putri peringkat satu dunia Wang Yihan kalah dari pemain Hong Kong Yip Puiyin 17-21, 22-24, sedang Zheng Bo/Ma Jin ditundukkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing 14-21, 16-21.